Teks Tersembunyi Ditemukan Di Buku Himne Berusia 1.400 Tahun


Jumat, 16 Maret 2018
Label:
Advertisement
[Sains Box] Teks Tersembunyi Ditemukan Di Buku Himne Berusia 1.400 Tahun

Para ilmuwan telah menemukan tulisan-tulisan dari seorang dokter Yunani abad ke-2 yang tersembunyi di balik halaman teks buku keagamaan. Sekilas, buku nyanyian rohani kuno ini, yang berasal dari abad ke-11, mungkin tidak tampak seperti sesuatu yang istimewa, namun tersembunyi di balik halaman-halamannya terletak risalah salah satu bapak ilmu kedokteran, yaitu dokter dan filsuf Yunani bernama Galen dari Pergamon.

Ditulis dalam bahasa Siria kuno sekitar 1.400 tahun yang lalu, kemungkinan besar oleh seseorang di Biara St. Catherine di Mesir. (Galen sendiri lahir pada tahun 129 M dan meninggal pada tahun 210 M).

Baca Juga:

Teks Tersembunyi Ditemukan Di Buku Himne Berusia 1.400 Tahun

Sekitar 500 tahun kemudian, tinta itu tergores dari halaman dan ditimpa dengan mazmur agama, sebuah praktik umum pada saat itu karena tingginya harga perkamen.

Periset telah menghabiskan beberapa tahun mencoba untuk menguraikan teks aslinya dengan menggunakan pencitraan multispektral dan sekarang, berkat sebuah tim di Laboratorium Syncrotron Radiation Lightsource dari SLAC, tampaknya kesuksesan mulai tercapai.

Teks Tersembunyi Ditemukan Di Buku Himne Berusia 1.400 Tahun

Teks Tersembunyi Ditemukan Di Buku Himne Berusia 1.400 Tahun

Tidak seperti studi sebelumnya yang telah menggunakan panjang gelombang ultraviolet, hingga terlihat, dan inframerah untuk mengungkap teks asli, kali ini peneliti telah menggunakan sinar-X berenergi tinggi.

Jika berhasil, scan akan membantu untuk mengekspos residu kecil tinta tertinggal di halaman tersebut.

"Hasil awal pertama sangat mengejutkan," kata Peter Pormann dari Peter University. "Galen adalah dokter yang paling penting dan paling berpengaruh sepanjang masa."

"Ini pada dasarnya adalah sejarah kita, begitulah cara pengobatan berkembang."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar