Syukurlah, Lubang di Lapisan Ozon Mulai Membaik


Rabu, 10 Januari 2018
Label:
Advertisement
[Sains Box] Syukurlah, Lubang di Lapisan Ozon Mulai Membaik

Terletak tinggi di stratosfer planet ini, terdapat lapisan ozon yaitu wilayah khusus yang membantu melindungi Bumi dari radiasi ultraviolet berbahaya yang berasal dari Matahari. Namun, dikabarkan bahwa lapisan ozon telah mengalami penipisan yang cukup mengkhawatirkan, karena penipisan lapisan ozon ini akan berdampak sangat serius terhadap planet Bumi. Para peneliti mengungkapkan penyebab hal ini bisa dikarenakan adanya tingkat tinggi dari kontaminasi bahan kimia berbahaya perusak ozon.

Namun, belum lama ini, para peneliti dan ilmuwan mengabarkan sebuah berita baik tentang adanya pengurangan yang jelas pada tingkat bahan kimia perusak ozon di atmosfer bumi.

Baca Juga:

Menipisnya lapisan ozon pertama kali disadari oleh para ilmuwan pada tahun 1980an, lokasi tepatnya di atas Antartika. Menurut penelitian mereka, yang bertanggung jawab atas kerusakan ozon ini adalah terkait dengan kehadiran CFC (Chlorofluorocarbons) yang ditemukan dalam semprotan rambut, lemari es, sistem pengkondisian udara dan produk sejenis lainnya.

Syukurlah, Lubang di Lapisan Ozon Mulai Membaik

Penemuan bahwa bahan kimia ini bertanggung jawab dapat menipiskan lapisan ozon menyebabkan tindakan pengurangan produksi dan penggunaan CFC yang signifikan dengan harapan hal ini akan memperlambat atau bahkan membalikkan kerusakan yang telah mereka timbulkan.

Sepertinya, Tuhan masih sayang pada planet kita, keberuntungan itu pun datang, seolah usaha ini benar-benar terbayar.

Dalam sebuah studi baru, ilmuwan NASA yang mengukur kadar klorin (produk sampingan CFC utama dari penipisan ozon) di atmosfer di atas Antartika telah mengungkapkan bahwa telah terjadi pengurangan 20% pada tingkat penipisan lapisan ozon akibat klorin antara tahun 2005 dan 2016.

Data tersebut direkam oleh instrumen Microwave Limb Sounder (MLS) di atas satelit Aura.

Penelitian sebelumnya berfokus pada pengukuran lubang ozon itu sendiri, namun membuat studi pertama ini mengidentifikasi pengurangan penipisan ozon sebagai akibat langsung pengurangan bahan kimia CFC.

Meskipun kemungkinan akan memakan waktu beberapa dekade untuk memperbaiki kerusakan ozon sepenuhnya, namun berita bahwa lapisan ozon benar-benar sedang membaik tentu memberi semangat.

Untuk itu, marilah kita sama-sama turut membantu menghilangkan bahan-bahan kimia berbahaya seperti CFC.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar