Keberadaan Situs Danau Kuno Ditemukan di Mars


Kamis, 12 Oktober 2017
Label:
Advertisement
[Sains Box] Keberadaan Situs Danau Kuno Ditemukan di Mars

Akhirnya, Mars Reconnaissance Orbiter milik NASA telah mengidentifikasi situs danau kuno di permukaan Planet Merah. Mars mungkin merupakan gurun yang dingin dan tandus saat ini, namun jutaan tahun yang lalu permukaannya pasti dipenuhi dengan sungai dan danau air cair yang berpotensi mendukung kehidupan primitif. Memang hal ini telah menjadi perdebatan yang cukup lama oleh para ilmuwan, dikarenakan belum ada cukup bukti yang sanggup menjelaskan kebenaran hal ini.

Namun, kini para ilmuwan telah menemukan bukti yang dicari tersebut. Yang jauh lebih konkret tentang masa lalu yang berair di planet ini dalam bentuk danau kolosal yang akan menampung sepuluh kali lebih banyak air dari semua danau besar yang digabungkan.

Baca Juga:

Situs itu teridentifikasi berkat pendeteksian deposit mineral besar yang tersembunyi di bawah permukaan Mars.

"Bahkan jika kita tidak pernah menemukan bukti bahwa ada kehidupan di Mars, situs ini dapat memberi tahu kita tentang jenis lingkungan tempat kehidupan dimulai di Bumi," kata Paul Niles dari NASA.

Keberadaan Situs Danau Kuno Ditemukan di Mars

"Aktivitas vulkanik dikombinasikan dengan air memberikan kondisi yang mungkin serupa dengan kondisi yang ada di Bumi pada waktu yang hampir bersamaan, yaitu saat kehidupan awal berkembang di sini."

Dipercaya bahwa mineral tersebut adalah hasil sampingan dari vena bawah air, seperti yang ada di lautan di bumi. Di planet kita, ventilasi hidrotermal benar-benar menghuni kehidupan, tapi tidak jelas apakah hal yang sama terjadi pada Mars kuno.

Saat ini, gagasan tentang danau Mars raksasa dengan fitur hidrotermal sangat menarik memang masih jauh dari apa yang kita harapkan untuk menemukan sesuatu yang menunjukkan adanya kehidupan di sana. Tidak ada rencana saat ini untuk benar-benar menyelidiki situs tersebut, atau menggalinya, bahkan mempelajari wilayah di luar apa yang telah dilakukan, tapi itu bisa saja berubah.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar: