Energi Radio Misterius Terdeteksi Dari Alam Semesta Jauh


Kamis, 05 Oktober 2017
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Energi Radio Misterius Terdeteksi Dari Alam Semesta Jauh

Ritme suara radio yang tak dikenal berasal dari sumber yang tidak diketahui di bagian alam semesta yang jauh telah membuat bingung para peneliti. Pertama kali ditemukan tahun lalu pada jarak sekitar tiga miliar tahun cahaya dari Bumi, sumber semburan radio cepat ini, yang kemudian dikenal sebagai FRB 121102, tetap menjadi misteri.

Sampai saat ini, lebih dari 150 ledakan energi tinggi telah berhasil terdeteksi, kini para astronom dari Breakthrough Listen mengambil inisiatif, yang bertujuan untuk mendengarkan bukti makhluk luar angkasa cerdas, dan telah berhasil mendeteksi 15 lagi lebih lanjut.

Baca Juga:

Apa yang membuat FRB 121102 sangat menarik adalah bahwa, tidak seperti sumber semburan radio cepat lainnya, inilah satu-satunya yang diketahui radio yang terus berulang.

Energi Radio Misterius Terdeteksi Dari Alam Semesta Jauh

"Seperti yang kami konfirmasikan bahwa sumbernya berada dalam keadaan yang baru aktif, resolusi tinggi dari data yang diperoleh oleh instrumen Listen akan memungkinkan pengukuran sifat semburan misterius ini dengan presisi lebih tinggi dari sebelumnya," kata peneliti postdoctoral, Vishal Gajjar.

Ada beberapa kemungkinan penjelasan untuk fenomena ini, namun yang paling menarik perhatiannya menunjukkan bahwa ledakan radio yang hebat ini dapat dihasilkan secara artifisial.

Idenya tidak seberat kedengarannya karena Breakthrough Starshot, sebuah proyek yang dirancang untuk mengirim pesawat ruang angkasa berlayar ringan ke sistem tata surya lainnya, berencana menggunakan laser kuat untuk 'mendorong' probe hingga sekitar 20% dari kecepatan cahaya.

Energi Radio Misterius Terdeteksi Dari Alam Semesta Jauh

Keterangan gambar di atas: Urutan 14 dari 15 ledakan yang terdeteksi menggambarkan spektrum tersebar dan variabilitas ekstrimnya. Garis-garis di plot energi berwarna adalah semburan yang muncul pada waktu dan energi berbeda karena dispersi yang disebabkan oleh 3 miliar tahun perjalanan melalui ruang intergalaksi. Pada spektrum frekuensi teratas, dispersi telah dilepas untuk menunjukkan lonjakan pulse 300 mikrodetik. Menangkap beragam ledakan ini dimungkinkan oleh bandwidth yang luas yang dapat diproses oleh Breakthrough Listen dari awal hingga akhir di Teleskop Green Bank.

Jika peradaban yang lebih maju kebetulan melakukan sesuatu yang serupa pada skala yang jauh lebih besar, ada kemungkinan (walaupun sangat kecil) bahwa kita bisa melihat semburan energi dari seluruh kosmos.

"Apakah semburan radio cepat berubah ini merupakan tanda tangan teknologi luar angkasa, Breakthrough Listen membantu mendorong batas-batas wilayah pemahaman baru dan berkembang pesat tentang alam semesta di sekitar kita," kata direktur Berkeley SETI Research Center, Andrew Siemion.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar