Mars Mungkin Lebih Beracun Daripada yang Kita Duga


Selasa, 11 Juli 2017
Label:

[Sains Box] Penelitian baru menunjukkan bahwa tanah di Mars merupakan lingkungan yang tidak ramah bagi kehidupan mikroba. Sementara bukti yang menunjukkan bahwa kehidupan pernah ada di Mars pada masa lampau masih menjanjikan, hal yang sama tidak dapat dikatakan karena kemungkinan menemukan mikroba di sana masih belum terwujud.

Baca Juga:


Dalam sebuah studi baru-baru ini, para ilmuwan yang mengeksplorasi efek perchlorate di Planet Merah menemukan bahwa bahan kimia umum ini, yang dapat ditemukan di seluruh Mars, mungkin benar-benar membuat planet ini secara signifikan lebih beracun bagi kehidupan daripada yang pernah disadari sebelumnya.

Mars Mungkin Lebih Beracun Daripada yang Kita Duga

Dalam serangkaian percobaan, para periset mengekspos bakteri Bumi ke tingkat perchlorate dan sinar ultraviolet yang sama ibarat sesuatu yang mencoba bertahan di permukaan Mars.

Hasilnya menunjukkan bahwa bakteri tersebut musnah dua kali lebih cepat dengan perchlorate yang ada.

Untuk memperburuk keadaan, ditambahkan komponen lain dari tanah Mars, seperti oksida besi dan hidrogen peroksida, yang mengakibatkan bakteri sekarat hingga 11 kali lebih cepat daripada dengan perchlorate saja.

Mars Mungkin Lebih Beracun Daripada yang Kita Duga

"Data ini menunjukkan bahwa efek gabungan dari setidaknya tiga komponen yang ada di permukaan Mars, yang diaktifkan oleh fotokimia permukaan, membuat permukaan saat ini lebih tidak dapat dihuni daripada yang diperkirakan sebelumnya," tulis para peneliti.

Di sisi positifnya, setidaknya risiko pencemaran bakteri di Mars jauh lebih rendah daripada di Bumi.

Lalu, bagaimana dampaknya terhadap manusia? Sudah bisa Anda bayangkan sendiri.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar