Enceladus Bisa Mendukung Kehidupan Asing, Ungkap NASA


Jumat, 14 April 2017
Label:

[Sains Box] Badan antariksa NASA telah menemukan semua bahan penting bagi kehidupan di lautan bulan es milik Saturnus, yaitu Enceladus. Selama konferensi pers yang diadakan hari ini, para ilmuwan NASA telah mengungkapkan penemuan molekul hidrogen di jet air meletus dari jauh di bawah permukaan Enceladus.

Molekul hidrogen ini penting karena di Bumi memberikan energi bagi seluruh ekosistem seperti mereka yang tinggal di sekitar ventilasi hidrotermal di dasar laut. Layaknya makhluk hidup yang memakan hidrogen dan melepaskan metana, gas yang juga telah ditemukan di Enceladus.

Enceladus Bisa Mendukung Kehidupan Asing, Ungkap NASA

Baca Juga:

"Kita sekarang tahu disana tidak hanya hangat, tetapi juga lingkungan yang basah - kita sekarang menyadari ada makanan untuk kehidupan," kata astrobiologis Lewis Dartnell. "Ada bahan bakar untuk sebuah ekosistem di Enceladus."

Bisa jadi benar-benar ada kehidupan di luar bumi yang hidup di kedalaman bulan es milik Saturnus ini.

Meskipun saat ini kita belum sepenuhnya mengetahui, tapi ada kemungkinan banyak ketertarikan untuk meluncurkan misi robot tambahan ke Enceladus selama beberapa tahun ke depan dalam upaya untuk mencari tahu lebih dekat.

Enceladus Bisa Mendukung Kehidupan Asing, Ungkap NASA

Sepertinya, ada kesempatan nyata kita benar-benar mungkin memiliki kehidupan asing yang tinggal tepat di depan rumah kita.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

10 komentar:

  1. Semoga saja bisa jadi kenyataan, sehingga peperangan bisa sedikit terhindarkan ,tidak berebut lagi tempat di bumi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di samping rumahku msh lega tuh mas... ngapain rebutan sih..

      Hapus
  2. Kalau benar ada kehidupan di luar bumi, pasti sangat menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal jgn kayak alien2 yg di tipi aja yg muncul.. :D tentu gak menarik tuh.. mlh nyeremin..

      Hapus
  3. bumi semakin sesak, mungkin bisa juga ikut bertukar cerita bila ada kehidupan di luar bumi, bisa nambah sahabat pena ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung tukang posnya mbak, mau gak dia ngirimin suratnya..??

      hehe... hari gini udh ga jaman surat2an ya...kalo surat udh gak jaman, berarti gak ada yg namanya sahabat pena donk..

      Hapus
  4. manusia alien terus diteliti keberadaannya ya mas, apakah benar atau tidak adanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob, ilmuwan msh melacak keberadaannya, fokusnya sih bkn ke aliennya, tp mencari planet yg layak huni.

      Hapus
  5. hangat dan basah, ada bahan bakar, wih sepertinya bener2 ada kehidupan layaknya di bumi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu jg baru dugaan mbak, soalnya blm ada diluncurkan ke TKP. mungkin beberapa tahun kedepan setelah ada robot yg kesana baru bisa dipastikan. biasanya kalo ada metana itu saja sudah menandakan ada makhluk hidup.

      Hapus