Alat Ini Bisa Menarik Air Minum dari Udara Kering


Senin, 17 April 2017
Label:
Advertisement
[Sains Box] Salah satu masalah terbesar di dunia adalah menemukan air minum di daerah-daerah yang kering. Namun, sepertinya masalah ini sebentar lagi akan dapat teratasi dengan adanya sebuah penemuan perangkat baru yang sederhana yang diciptakan oleh para ilmuwan. Diyakini, cara ini akan dapat memberikan bantuan kepada jutaan orang di seluruh dunia untuk menemukan air segar.

Perangkat ini dikembangkan oleh tim peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan University of California, Berkeley, sistem prototipe yang dapat mengkonversi kelembaban di udara lalu merubahnya ke bentuk air cair menggunakan kerangka logam-organik khusus yang bisa memerangkap udara di dalam pori-porinya.

Alat Ini Bisa Menarik Air Minum dari Udara Kering

Baca Juga:

Ketika sinar matahari memanas, molekul air akan terperangkap di dalam, dilepaskan dan mengalami kondensasi, memproduksi beberapa liter air rata-rata setiap dua belas jam.

"Alat itu mengambil air dari udara dan menangkapnya," kata insinyur mekanik MIT, Evelyn Wang. "Itu tidak harus melalui sistem yang rumit, ini hanya memerlukan beberapa jenis [dari] siklus refrigerasi."

"Sekarang kita bisa pergi ke daerah yang benar-benar cukup kering, atau daerah yang sangat kering. Kita dapat menyediakan mereka dengan perangkat ini, dan mereka dapat menggunakannya untuk memperoleh air minum dengan cukup sederhana."

Bagaimana sistem kerjanya? Kita simak penjelasannya di video berikut:

VIDEO ALAT PENANGKAP AIR

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

6 komentar:

  1. wah keren banget penemuannya,jadi kedepannya tidak akan ada masalah air lg walau didaerah tandus sekalipun

    tp untuk saat ini masih dalam ujicoba pengembangan ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, saat ini msh dikembangkan, tp sepertinya sudah siap namun blm 100%. semoga ini bs menjadi solusi bagi mereka yg dilanda kekeringan mas...

      Hapus
  2. Keren yaa... Masih dikembangkan ya .. Moga bermanfaat yaa iniii buat sodara2 kita yg kesulitan air

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin, betul sekali mbak... semoga ini solusi yg bnr2 dibutuhkan org byk.

      Hapus