Fosil Tanaman Tertua di Dunia Ditemukan di India


Rabu, 15 Maret 2017
Label:
Advertisement
[Sains Box] Fosil tanaman tertua di dunia telah ditemukan di bebatuan di India tengah, mendorong kembali evolusi pertama kehidupan yang kompleks di muka Bumi selama ratusan juta tahun. Penemuan itu dilakukan oleh mahasiswa Stockholm bernama Therese Sallstedt selama analisis fosil mikroba yang diambil dari batuan di Chitrakoot, India tengah, yang berusia 1,6 miliar tahun. Sampai sekarang fosil tanaman awal yang dikenal telah berumur sekitar 1,2 miliar tahun.

Ini adalah sebuah temuan yang menunjukkan apa yang disebut sebagai 'Cambrian Explosion' dari kehidupan tanaman dan hewan sekitar 600 juta tahun yang lalu atau mungkin lebih lama lagi untuk mengembangkan daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Fosil Tanaman Tertua di Dunia Ditemukan

Baca Juga:

Saat Therese Sallstedt sedang melihat sampel primitif, kehidupan sel tunggal melalui mikroskop di laboratorium nya di Stockholm, ia melihat sesuatu yang agak tidak jelas yang tampak terlalu maju untuk periode tersebut.

Tapi kemudian, beberapa slide, dia tiba-tiba terkejut, dia melihat rumpun berdaging yang tampak kompleks, dari alga merah multi-selular.

“Saya telah melihat sesuatu yang mirip sedikit sebelum di bagian tipis lainnya... tapi 'momen eureka' adalah ketika saya menemukan spesimen tertentu ketika saya melihat koloni tersebut dari alga," katanya. "Apa yang saya lihat adalah fosil yang sangat besar dibandingkan dengan fosil bakteri di sekitar mereka."

"Saya begitu bersemangat, saya harus berjalan tiga kali di sekitar gedung sebelum saya pergi ke atasan saya untuk menceritakan apa yang saya lihat," kata Sallstedt.

"Fosil yang kami temukan menunjukkan bahwa kehidupan yang kompleks sudah ada di sana 1,6 miliar tahun yang lalu, tetapi radiasi besar bentuk kehidupan hewan masih tidak terjadi sampai 600 tahun yang lalu.”

"Saya rasa mereka hanya menunggu kondisi yang tepat. Itu seperti misteri besar."

Dengan menggunakan teknik X-ray khusus, para ilmuwan mampu untuk membuat keluar struktur dalam sel dan 'inti sel', rangkaian filamen melebar yang merupakan ciri khas dari ganggang merah.

Mereka juga percaya bahwa bagian dari kloroplas, yang memungkinkan fotosintesis berlangsung, dapat dilihat pada fosil tersebut.

Bentuk paling awal dari kehidupan setidaknya 3.5 miliar tahun, tapi organisme bersel tunggal ini tidak memiliki inti, tidak seperti ganggang multi-selular dan bentuk-bentuk kompleks kehidupan lainnya.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box


Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.